Kisah Siti Ruqoyah, Mantan Tkw Asal Kota Kediri Yang Sukses Jadi Pengusaha Kain Tenun Ikat

Kisah Siti Ruqoyah, Mantan Tkw Asal Kota Kediri Yang Sukses Jadi Pengusaha Kain Tenun Ikat

Pembagian keuntungan kerap kali dilakukan saat menjalankan bisnis dengan partner. Hal ini juga kerap kali mengundang konflik apabila pembagiannya berat sebelah. Namun, hal ini tidaklah terjadi bagi kita yang membuka bisnis sendiri. Berbisnis tunggal membuat kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, terutama jika bisnis tersebut sudah berskala besar. Baik orangtua, karyawan, ataupun seorang mahasiswa bisa menjalankan bisnis sendiri. Tidak ada seorang pun yang berani menyuruh ini dan itu, apalagi membentak kita karena bos adalah posisi tertinggi dalam bisnis.

Terutama untuk bisnis dengan produk siap jual, maka kemungkinan membutuhkan ecommerce atau toko online makin besar. Cara ini sangat efektif untuk memasarkan dan mendisplay apapun produknya. Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

merintis, dan membuat usaha dari 0

Misalnya, baru saja memulai bisnis makananonlinedan memiliki pelanggan tetap, sudah tergesa menyewa ruko untuk berjualan secara offline. Di tengah kondisi pandemi yang membuat perekonomian lesu darah seperti sekarang, semua langkah ekspansi bisnis perlu dihitung lebih cermat dan tidak bisa ditempuh tergesa-gesa. Dia juga punya cita-cita membuat konveksi sendiri agar lebih memudahkan dirinya dalam memproduksi kebutuhan penjualan. Selanjutnya, dia punya target baru untuk membangun bisnis dengan model baru yang menjual fesyen merchandise berbeda, seperti hijab instan hingga pakaian syar’i, tapi tetap di bawah naungan Trinity. Bisnis retail kecil atau perseorangan biasanya mendapatkan pelanggan berdasarkan rekomendasi dari mulut ke mulut, media sosial dan lainnya.

Untuk itu, jangan tergesa-gesa dalam meningkatkan keuntungan dengan memulai bisnis kedua. Jadi, Anda harus bisa meyakinkan pada diri sendiri dan buang jauh-jauh berbagai ketakutan terkait kegagalan Anda. Kegagalan memang bisa saja terjadi kapanpun, tapi seorang pebisnis atau wirausaha sejati pasti akan bangkit dan mampu belajar dari kegagalan tersebut. Jangan sekalipun berpikiran untuk mundur saat segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Padahal, tidak sedikit pebisnis yang sukses dengan memulai usahanya dari modal dan tempat seadanya, lalu seiring berjalannya waktu mereka meraih kesuksesan. Namun, dalam menjalankan usaha sendiri, tentunya harus bekerja ekstra untuk meningkatkan brand di kalangan masyarakat. Usaha sendiri bukan berarti tidak bisa menyaingi bisnis franchise.

Nah, untuk semakin meningkatkan penjualan, yang perlu Anda lakukan adalah memanjakan konsumen. Caranya, Anda dapat menambah variasi metode pembayaran, meningkatkan customer support, stay chat 24 jam, memperluas pengiriman, dll. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, Anda dapat membuat kuesioner atau survey. Dari sana, Anda dapat mengetahui hal yang sudah pasti berdampak signifikan bagi bisnis. Liputan6.com, Jakarta Cara memulai bisnis sendiri memang perlu untuk diketahui.

Leave a Reply